RSS

Tips Mengawetkan Bawang Merah agar tidak cepat membusuk




Bawang merah adalah salah satu bumbu masakan yang paling sering digunakan untuk memasak.

Hampir setiap kali kita memasak selalu menggunakan bawang merah. Itu sebabnya saat kita belanja selalu membeli bawang merah dalam jumlah banyak. 

Masalahnya apabila bawang merah dibiarkan lebih lama di suhu lembab maka akan berjamur dan cepat busuk.

Oleh karena itu tidak bisa lagi untuk digunakan sebagai bumbu masakan. Lalu bagaimana caranya agar bawang merah lebih tahan lama? berikut tips yang bisa di praktekkan.

Caranya:

Saat membeli bawang merah pastikan dalam keadaan utuh, tidak timbul tunas, dan tidak lembek.

1. Setelah membeli bawang merah kemudian jemur di tempat yang terkena sinar matahari. Kerena sinar matahari mampu menghambat perkembangan jamur dan bakteri.

2. Gantung Bawang merah di tempat yang lebih tinggi agar mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga tidak cepat membusuk.

3. Letakkan bawang merah yang belum dikupas dalam wadah terbuka dan berlubang besar, kemudian sipan di suhu ruangan yang kering, jangan di tempat lembab agar tidak membusuk.

 3. Kupas Bawang merah, simpan di wadah tertutup rapat kenmudian letakkan di kulkas atau freezer. Bisa juga simpan dalam keadaan di iris, simpan dalam wadah tertutup kemudian simpan dalan freezer. Saat akan menggunakannya, keluarkan dari freezer kemudian diamkan terlebih dahulu di suhu ruangan hingga sampai berubah menjadi suhu normal.

4. Rendam irisan bawang merah kedalam larutan minyak goreng untuk menjaga aroma dan warna dari bawang merah tersebut.


Tips lainnya;
1. Usahakan bawang yang sudah dikupas harus disimpan di wadah tertutup rapat agar tidak menyerap bakteri dan virus dari luar. karena bawang merah yang sudah dikupas dan di iris akan mampu menyerap racun baik virus maupun bakteri yang justru akan membahayakan kesehatan apabila di masak.

2. Irisan bawang merah digoreng kemudian disimpan di wadah tertutup. maka akan tahan sampai dengan 3 bulan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment